Minggu, 20 Desember 2015

black hole (lubang hitam di luar angkasa)

Lubang hitam adalah bagian dari Ruang Waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. TeoriRelativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam yang berada di Ruang Waktu.Di sekitar Lubang Hitam ada permukaan yang di sebut Event Horizon. Lubang ini disebut "hitam" karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati. Teori Medan Quantum dalam Ruang-waktu melengkung memprediksi bahwa Event Horizon memancarkan radiasi disekitarnya dengan suhu yang terbatas. Suhu ini berbanding terbalik dengan massa Lubang hitam, sehingga sulit untuk diamati Lubang hitam bermassa bintang atau lebih.

Lubang Hitam tercipta ketika suatu obyek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Banyak obyek (termasuk matahari dan bumi) tidak akan pernah menjadi lubang hitam. Tekanan gravitasi pada matahari dan bumi tidak mencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir dalam dirinya yang sifatnya melawan tekanan gravitasi. Tetapi sebaliknya untuk obyek yang bermassa sangat besar, tekanan gravitasi-lah yang menang.

Allah berfirman yang makna harfiahnya sebagai berikut, ‘Maka aku bersumpah dengan khunnas, yang berjalan lagi menyapu.’ (at-Takwir: 15-16)

Mari kita cermati maknanya dan sejauh mana kesesuaiannya dengan data-data sain modern.
Kata khunnas berarti sesuatu yang tidak terlihat selama-lamanya. Kata ini terbentuk dari kata khanasa yang berarti terssaljuyi. Karena itu, setan dalam surat an-Nas disebut khannas karena ia tidak terlihat. Kata al-jawari berarti yang berjalan atau berlari. Dan kata al-khunnas terambil dari kata kanasa yang berarti menarik sesuatu yang dekat dan menghimpun kepada dirinya dengan kuat. Dan inilah yang benar-benar terjadi pada Black Hole, tepat seperti yang dibicarakan al-Qur’an.

Mengenai bobotnya, Black Hole seberat bumi itu diameternya kurang dari satu sentimeter saja! Dan Black Hole seberat matahari itu diamenternya hanya 3 km. Subhanallah!
Black Hole ukuran sedang itu beratnya 10.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 kilogram, atau 10 pangkat 31, dengan diameter 30 km saja. Ada banyak Black Hole di pusat galaksi kita dan galaksi-galaksi lain, dan satunya memiliki berat jutaan kali berat matahari.

inilah beberapa contoh lubang hitam yang pernah ditemukan di berbagai galaksi di alam semesta ini :
  • SDSS J0100 + 2802, merupakan Quasar dengan massa pusat lubang hitam sekitar 12 miliar massa Matahari dan luminositas 420.000.000.000.000 kali luminositas Matahari, berada pada jarak 12,8 miliar tahun cahaya dari Bumi. [1 tahun cahaya sama dengan 9,4 triliun kilometer]. Lubang hitam ini - secara teknis dikenal sebagai SDSS J010013.02 + 280.225,8 atau secara singkatnya J0100 + 2802  - tidak hanya quasar paling besar yang pernah dilihat di alam semesta awal, tetapi juga yang paling terang. Objek ini memiliki kecerahan sekitar 429 triliun kali lebih terang dari matahari dan tujuh kali lebih terang dari quasar paling jauh yang diketahui saat ini. Cahaya dari quasar yang sangat jauh dapat membutuhkan waktu miliaran tahun untuk mencapaiBumi. Dengan demikian, para astronom bisa melihat quasar saat alam semesta masih muda.
  • NGC 3115 (caldwell 53), merupakan sebuah galaksi spiral yang terdapat pada konstelasi sextans dengan jarak sekitar 32 tahun cahaya dari bumi, dengan diameter seluas orbit planet uranus, galaksi ini ditemukan oleh william herschel pada 22 februari 1787, lubang hitam pada galaksi ini memiliki massa yang lebih besar dari lubang hitam yang ada di galaksi bimasakti, kisaran 400 juta sampai 2 milyar massa matahari kita.
  • NGC 6240, merupakan galaksi inframerah ultraluminous yang berada pada konstelasi ophiucus, galaksi yang terbentuk akibat dari tumbukan dua galaksi kecil ini yang kemudian membentuk satu galaksi tunggal yang lebih besar, memiliki tingkat luminositas cahaya inframerah yang lebih cemerlang sekitar 1 trilyun matahari, galaksi ini berjarak sekitar 320 juta tahun cahaya dengan diameter seluas lintasan planet neptunus untuk mengitari matahari. massa dari lubang hitam pada galaksi ini sekitar 850 juta sampai 2 milyar massa matahari.
  • ULAS J1120-0641, adalah  kuasar terjauh yang diketahui (pada jarak 28.85 milyar tahun cahaya), dan merupakan kuasar pertama yang ditemukan memiliki pergeseran merah lebih dari 7. Penemuannya dilaporkan pada bulan Juni 2011. terletak pada konstelasi leo dengan diameter seluas orbit planet neptunus. memiliki massa sekitar 2 milyar massa matahari.
demikian informasi yang saya ketahui mengenai lubang hitam, walau sampai saat ini belum dapat diketahui aktivitas yang dilakukan objek ini, namun berbagai macam penelitian terus dilakukan oleh ilmuwan bumi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar