Selasa, 24 Mei 2016

pengertian dan ukuran ukuran mobilitas

Pengertian mobilitas
Mobilitas penduduk dapat diartikan sebagai perputaran, pergerakan, atau perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lainnya secara horizontal maupun vertical, dalam jangka waktu yang sementara dan seumur hidup (permanen).
Ukuran-ukuran dasar mobilitas
1.      Angka Mobilitas
Adalah rasio dari banyaknya penduduk yang pindah secara lokal (mover) disbanding jumlah penduduk tengah tahun dalam satu jangka waktu tertentu

m : angka mobilitas
M : jumlah orang yang pindah (migran)
P : jumlah penduduk tengah tahun
k : konstanta
2.      Angka Migrasi Masuk
Angka yang menunjukkan banyaknya migran yang masuk per 1000 orang penduduk pertengahan tahun ke daerah tujuan dalam waktu satu tahun tertentu.
mi : angka migrasi masuk
I : jumlah migrasi masuk (immigration)
P : jumlah penduduk tengah tahun daerah tujuan
k : konstanta
3.       Angka Migrasi Keluar
Angka yang menunjukkan banyaknya migran yang keluar per 1000 orang penduduk pertengahan tahun ke daerah asal dalam waktu satu tahun tertentu.
mo : angka migrasi keluar
O : jumlah migrasi keluar (outmigration)
P : jumlah penduduk tengah tahun daerah asal
k : konstanta




4.      Angka Migrasi Neto
Selisih banyaknya migran masuk dan migrant keluar ke dan dari suatu daerah per 1000 penduduk pertengahan tahun dalam satu tahun tertentu
mn : angka migrasi neto
I : jumlah migrasi masuk (immigration)
O : jumlah migrasi keluar (outmigration)
P : jumlah penduduk tengah tahun
k : konstanta
5.      Angka Migrasi Bruto
Angka yang menunjukkan banyaknya kejadian perpindahan (migrasi) yaitu jumlah migrasi masuk ditambah jumlah migrasi keluar dibagi jumlah penduduk tengah tahun tempat asal dan jumlah penduduk tengah tahun tempat tujuan dalam satu tahun tertentu
mg : angka migrasi bruto
I : jumlah migrasi masuk(immigration)
O : jumlah migrasi keluar (outmigration)
Pi : jumlah penduduk tengah tahun tempat
tujuan
Po : jumlah penduduk tengah tahun tempat
asal
k : konstanta

dikutip dari yuly sulistyorini.S.KM., M.Kes. “ukuran mobilitas/migrasi”. departemen biostatistika dan kependudukan. fakultas kesehatan masyarakat. UNAIR. Surabaya.

persamaan dan perbedaan antara mobilitas dengan migrasi penduduk
Persamaan
Perbedaan
1.      perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan jumlah penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lainnya.
2.      Berpengaruh tehadap jumlah penduduk ataupun data kependudukan pada suatu wilayah.
1.      Mobilitas penduduk bertujuan untuk melakukan perpindahan penduduk dalam jangka waktu tertentu sementara migrasi penduduk bertujuan untuk berpindah dan menetap pada daerah yang baru.
2.       Mobilitas penduduk atau gerakan penduduk ialah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. Sementara Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain di dalam negeri maupun dari suatu negara ke negara lain untuk menetap, baik secara perorangan, keluarga maupun berkelompok. Pengertian menetap menurut Sensus Penduduk Indonesia adalah orang yang tinggal di daerah baru selama enam bulan atau lebih.
3.      Jenis mobilitas penduduk yaitu migrasi dan mobilitas sirkuler (sementara) sementara migrasi yaitu migrasi antarnegara (imigrasi, emigrasi dan remigrasi), migrasi dalam negara (transmigrasi dan urbanisasi).

Konsep Definisi
Migrasi risen adalah migrasi berdasarkan tempat tinggal lima tahun yang lalu. Seseorang dikategorikan sebagai migran risen jika provinsi atau kabupaten/kota tempat tinggalnya lima tahun yang lalu berbeda dengan tempat tinggalnya sekarang (saat pencacahan). Angka migrasi risen masuk di suatu provinsi adalah perbandingan antara jumlah penduduk yang tempat tinggal lima tahun yang lalu berbeda dengan tempat tinggal sekarang, dengan penduduk pertengahan tahun di provinsi tempat tinggal sekarang. Penduduk pertengahan tahun disini adalah penduduk 5 tahun ke atas.
Rumus
MRm=Pd5mP5+×1000
dimana:
  • MRm = Migrasi risen masuk di suatu provinsi,
  • Pd5m = Jumlah penduduk yang tempat tinggal lima tahun yang lalu berbeda dengan tempat tinggal sekarang, dan
  • P5+ = Jumlah penduduk pertengahan tahun di provinsi tempat tinggal sekarang. Penduduk pertengahan tahun disini adalah penduduk 5 tahun ke atas.
Keterangan

Dari arus migrasi risen dapat dihitung angka migrasi risen masuk, migrasi risen keluar, migrasi risen neto dan migrasi risen bruto. Namun pada web ini hanya disajikan migrasi masuk risen. Migrasi risen juga lebih menggambarkan kondisi/pola migrasi yang terkini. Oleh sebab itu, dalam penghitungan proyeksi, angka migrasi risen adalah yang dipakai sebagai penentuan asumsi perpindahan di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar